Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui 7 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil


Manfaat air kelapa tidak hanya menyegarkan, namun juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Selain itu, buah yang satu ini termasuk kedalam daftar asupan yang harus dipenuhi ibu hamil lho.


Meminum air kelapa secara teratur dapat membantu mengatasi sembelit, mual  dan muntah selama masa kehamilan. Mengutip HaiBunda, manfaat air kelapa untuk ibu hamil sangat banyak, diantaranya:


Mengandung elektrolit esensial


Kebutuhan cairan elektrolit akan terus meningkat selama kehamilan. Sebab, kondisi seperti morning sickness ataupun konstipasi akan membuat tubuh menjadi dehidrasi. 


Oleh kebab itu, air kelapa memasok elektrolit penting seperti mineral, natrium, kalsium, kalium, dan fosfor yang dapat memberikan energi pada tubuh.


Meredakan mulas dan sembelit


Perubahan hormon selama kehamilan dapat menyebabkan beberapa masalah seperti mulas, sembelit, dan gangguan pencernaan. Kandungan serat yang cukup banyak pada air kelapa dapat membantu memperkuat sistem pencernaan, memperlancar pencernaan, mengatur kadar pH, dan mencegah sembelit.


manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Menjaga kesehatan jantung


Minum air kelapa dapat membantu meningkatkan kadar kalium, magnesium, dan asam laurat, yang dapat membantu mengatur tekanan darah. Segelas air kelapa setiap hari diyakini berguna ketika trimester akhir menjelang persalinan, yang mana kondisi tersebut dapat meningkatkan tekanan darah.


Dapat menjaga berat badan


Air kelapa bebas lemak dan rendah kalori. Sehingga, dapat membantu menjaga berat badan selama kehamilan. Saat hamil, berat badan akan terus bertambah. Air kelapa dapat mengontrol kalori yang dikonsumsi dan dapat mengendalikan rasa lapar.


Minuman alami


Air kelapa merupakan minuman alami yang bebas dari perisa buatan atau komposisi berbahaya. Selama kehamilan, tak jarang akan mengalami yang namanya dehidrasi. Sehingga, minuman ini menjadi pilihan yang tepat karena dapat menuntaskan dahaga serta juga menyegarkan.


Rendah gula


Kelelahan kerap terjadi selama kehamilan. Seratus gram air kelapa memiliki 2,1 gram gula, yang lebih rendah dari minuman energi lainnya. Ini bahkan tidak akan menambah berat badan selama kehamilan serta juga dapat meminimalir risiko terkena diabetes gestasional.


Dapat membantu pertumbuhan janin


Beberapa penelitian telah menemukan bahwa air kelapa mengandung senyawa aktif tertentu yang menjadi faktor pemacu pertumbuhan. Selain itu, air kelapa juga mensuplai semua nutrisi penting bagi ibu hamil yang diyakini dapat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan janin.


Baca juga: Mengenal APGAR Score pada Persalinan


 




















Posting Komentar untuk "Ketahui 7 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil"