Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Anda Persiapkan

Melahirkan merupakan momen spesial untuk ibu hamil sekaligus momen yang dinantikan bagi suami dan keluarga. Sebab, momen tersebut pada akhirnya bisa bertemu dengan sang buah hati yang selama sembilan bulan berada di rahim. Ketika si kecil dilahirkan, ada banyak yang perlu dilakukan, salah satunya mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir.

Pasca melahirkan, Anda tentu perlu menyiapkan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk bayi. Namun, terkadang perlengkapan yang dibutuhkan akan terkesan banyak dan harus memilih mana-mana saja perlengkapan yang paling utama. 

Nah, beberapa perlengkapan bayi ini wajib disiapkan untuk menyambut kelahiran buah hati tercinta. Dilansir dari laman HaiBunda, berikut perlengkapan bayi baru lahir yang disarankan, diantaranya:

bayi baru lahir

1. Pakaian

Pakaian bayi biasanya diukur berdasarkan usia bayi. Karena ukuran yang berbeda-beda, maka tentukan ukuran pakaian si kecil berdasarkan berat dan tingginya. Pilihlah pakaian yang lembut dan longgar, hindari terlalu banyak aksesoris pada pakaian yang justru membuat bayi kurang nyaman.

Disamping itu, perhatikan juga pada saat mencuci pakaian bayi, jangan menggunakan deterjen bubuk yang mengandung banyak zat kimia. Sebaiknya pilih deterjen cair, selain itu tidak perlu menggunakan pewangi pakaian. Karena bau harus pewangi tersebut berasal dari bahan kimia sehingga bisa mengganggu kesehatan bayi.

2. Popok

Setiap ibu yang baru saja melahirkan, tentunya membutuhkan popok terbaik untuk bayi kecilnya. Sebab, kulit bayi yang baru lahir masih sangat rentan dan begitu sensitif. Sehingga, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. 

Ketika mengganti popok bayi, sebaiknya terlebih dulu untuk membersihkan bayi dengan tisu khusus. Gunakan perlak juga bisa digunakan sebagai alas ketika bayi ganti popok. Hal ini untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi yang baru lahir. Bayi mungkin akan menggunakan 10-12 popok sehari, sehingga perlu dipersiapkan stoknya. Anda bisa membeli popok yang kemasan kecil dari beberapa jenis yang berbeda, ini berguna untuk mengetahui popok jenis mana yang paling cocok untuk bayi.

 3. Gendongan bayi

Gendongan bayi merupakan alat yang sangat membantu ibu sedang menggendong si kecil. Bayi merasa lebih nyaman saat berada dalam gendongan. Oleh karena itu, memiliki gendongan bayi bisa menjadi solusi yang tepat, sembari Anda menyelesaikan beberapa tugas.

4. Stroller

Memiliki stroller rasanya sudah menjadi hal wajib bagi Anda yang baru memiliki bayi. Benda yang satu ini dilengkapi dengan empat roda plus kasur empuk di dalamnya ini bisa membuat bayi menjadi nyaman. Stroller sebagai alat yang efisien untuk membawa bayi bepergian. Stroller juga akan membuat bayi lebih nyaman. Selain itu, ini dibutuhkan agar bayi dapat tidur dengan posisi berbaring.

5. Bantal menyusui

Bantal untuk menyusui ini dirancang khusus untuk menopang saat bayi disusui. Selain bisa memberikan bayi rasa nyaman, bantal menyusui ini juga dapat membantu Bunda menghindari ketegangan pada bahu atau leher.

6. Pompa ASI

Pompa ASI (booster) diperlukan untuk memproduksi ASI dalam jumlah banyak. Terdapat dua tipe booster, manual dan elektrik yang bisa Anda pilih.

Alat bantu tersebut dibutuhkan untuk memudahkan ibu untuk menyusui ketika mengalami beberapa kendala. Namun, jika tak mengalami kendala apapun, menyusui bayi terbaik adalah langsung memberikan air susu ibu (ASI) dari puting payudara.

7. Sarung tangan dan kaus kaki

Salah satu fungsi penggunaan sarung tangan dan kaus kaki adalah untuk mencegah terjadinya iritasi kulit pada bayi. Kulit bayi masih terbilang sensitif sehingga menggunakan ini adalah cara untuk mencegah kontak langsung dengan benda yang dapat menyebabkan gangguan di area tersebut.

Bayi membutuhkan sarung tangan dan kaus kaki ketika di ajak keluar rumah supaya tetap hangat. Ini juga berfungsi untuk melindungi bayi ketika kukunya panjang supaya tidak mencakar kulitnya.

8. Selimut

Perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum kelahirannya adalah selimut. Siapkan paling tidak tiga buah selimut yang terbuat dari bahan katun. 

Selain selimut, sediakan juga kain pembungkus bayi kurang lebih lima lembar. Selain bisa digunakan untuk membedong bayi, kain pembungkus juga bisa digunakan untuk mengelap bila bayi gumoh atau ketika bayi muntah.

1 komentar untuk "8 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Anda Persiapkan"

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q.ME
    paling diminati di Indonesia, ::))
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile :d
    Whatshapp : +85515373217 :* (f)

    BalasHapus